Friday 30 March 2018

5 Framework PHP Terbaik





Perkembangan dunia teknologi Sungguh Pesat, tak lebih dari 10 tahun terakhir mengalami kemajuan yang sangat besar. Hal ini tak lepas dari pola pikir manusia yang semakin maju, membuat inovasi untuk menciptakan sebuah aplikasi yang lebih canggih, cepat dan open source. Salah satu contohnya adalah perkembangan Website.
Dulu, untuk membuat satu buah Website diperlukan waktu yang sangat lama, kode program yang sangat memusingkan, dan hasilnya pun tak maksimal. Sekarang sudah banyak berbagai macam framework yang dapat memudahkan proses pembuatan website. Dengan Framework kita dapat membangun satu buah website dengan lebih cepat, kode program yang rapih, dan hasil akhirnya pun lebih maksimal.
Nah, sampai sekarang sudah banyak berbagai macam framework PHP yang bisa anda gunakan secara gratis, namun tiap framework pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, untuk itu teman-teman bisa membandingkan framework PHP mana yang lebih cocok untuk digunakan.
Berikut adalah 5 framework PHP yang dapat dijadikan pilihan untuk membangun Website.
1. Laravel
Laravel adalah framework PHP yang mulai banyak disukai belakangan ini oleh para programmer. Laraver banyak disukai karena memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki oleh framework lain, misalnya seperti Autoloading, Unit Testing, dll.


2. Yii
Yii adalah framework PHP dengan performa yang tinggi, memiliki banyak fitur yang dapat dengan mudah digunakan seperti MVC, caching, I18/L10N, DAO/Active Record, scaffolding, dan role-based control, authentication, testing, dll.

3. CodeIgniter
Walau banyak orang menganggap bahwa CodeIgniter adalah framework yang sudah usang dibanding yang lain, bahkan disebut-sebut sudah mencapai akhir hidupnya. Namun framework ini memiliki tinggkat popularitas yang paling tinggi dibanding framework lainnya. Belum lama ini CodeIgniter resmi meng-upgrade versi terbaru 2.2.0.

4. Zend
Banyak yang bilang Zend Framework memiliki performa yang paling cepat dibanding yang lainnya. Memiliki fitur seperti MVC, Use-at-will, Filter dan Validasi Data dll.

5. Cake
Di Indonesia mungkin lebih sedikit programmer yang menggunakan Cake PHP, namun fitur dari framework ini cukup banyak dan tidak kalah dari framework lainnya, dan patut anda coba.



Sumber : https://www.dumetschool.com/blog/5-Framework-PHP-Terbaik